HSE Management System

Related image

 

– OHSAS 18001 : 2007 

 

Sebuah sistem manajemen untuk kesehatan dan keselamatan kerja. System OHSAS 18001 sangat mungkin suatu perusahaan membuat lingkungan kerja yang aman dan sehat dengan sediakan kerangka kerja dalam mengidentifikasi pada resiko kesehatan dan keselamatan kerja, kurangi potensi kecelakaan, kepatuhan regulasi, dan tingkatkan kemampuan keseluruhannya. 

 

Langkah awal apa yang dapat dilakukan sebelumnya mengaplikasikan system OHSAS 18001? Langkah awal yang dapat dilakukan sebelumnya mengaplikasikan system OHSAS 18001 yaitu menganalisa dan Indentifikasi pada tingkat kecukupan pada system dan sarana kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan yang mencakup pelajari sistem di organisasi, kontrol pada prosedur yang ada, analisis tingkat kecelakaan kerja pada masa lalu dan ketentuan atau perundang-undangan yang berlaku. 

 

Aplikasi system OHSAS 18001 akan menolong organisasi kamu dalam bangun system manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang baik. 

 

Dengan mengaplikasikan system manajemen Kesehatan dan keselamatan dalam organisasi Kamu akan membuahkan beberapa manfaat untuk organisasi Kamu sendiri. Manfaat ini mencakup : 

 

1. Adalanya jaminan Perlindungan pada kesehatan dan keselamatan kerja karyawan 

2. Kemungkinan kecelakaan kerja dapat di antisipasi 

3. Lingkungan kerja yang lebih baik untuk karyawan 

4. Kurangi kemungkinan, biaya dan tuntutan hukum 

5. Menghimpit biaya operasional dan biaya kecelakaan kerja 

6. Keyakinan dan kenikmatan pelanggan 

7. Tingkatkan citra dan image perusahaan yang lebih baik 

 

– ISO 9001 : 2008 

 

Di masa globalisasi saat ini, tuntutan pasar makin bertambah dan tingkat persaingan makin ketat. Perusahaan dituntut untuk beroperasi lebih efisien dan efektif untuk membuahkan product berkualitas tinggi dengan cara berkelanjutan. Perusahaan yang dapat penuhi tuntutan-tuntutan ini akan bertahan hidup dan memenangkan persaingan global. Salah satu cara untuk jadi perusahaan yang kompetitif yaitu dengan mengaplikasikan system manajemen mutu ISO 9001 : 2008. 

 

ISO 9001 yang disebut konsensus internasional mengenai beberapa praktik manajemen yang baik yaitu alat yang ampuh yang bisa dipakai oleh setiap organisasi, lepas dari ukuran atau type usaha, dalam meningkatkan system manajemen yang solid. ISO 9001 sediakan kerangka kerja untuk mengambil pendekatan systematis dalam mengelola sistem bisnis Kamu untuk dengan cara berkelanjutan membuahkan product berkwalitas yang mengakibatkan kenikmatan pelanggan. 

 

Dengan mengaplikasikan system ISO 9001 : 2008 maka perusahaan kamu akan memperoleh manfaat seperti berikut diantaranya : 

 

1. Tingkatkan keyakinan pelanggan. 

2. Tingkatkan citra dan daya saing perusahaan. 

3. Tingkatkan kesempatan untuk masuk pasar global. 

4. Tingkatkan performa organisasi (produktivitas, efisiensi dan efektivitas operasional). 

5. Tingkatkan moral karyawan melalui system kerja yang baik dan berkelanjutan. 

6. Memberi referensi pada perbaikan system organisasi dengan cara kontinyu. 

 

– CSMS (Contractor Safety Management Sistem) 

 

Dengan cara segera ataupun tidak segera semua kegiatan Industri baik Layanan, Konstruksi dan Pertambangan membuahkan efek pada Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan, oleh karenanya diperlukan System Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja untuk menghindar efek pada system operasional perusahaan, dan sebagai jaminan untuk beberapa pekerjanya. 

 

Perihal ini pula sebagai alasan kenapa perusahaan besar terlebih OIL dan GAS mewajibkan semua mitranya minimum harus mengimplementasikan system Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan penuhi kriteria dalam sistem lelang/tender berbentuk dokumen CSMS (Contractor Safety Management Sistem). 

 

Dokumen CSMS adalah dokumen inti yang ada pada system K3 (OHSAS 18001 dan ISO 14001) yang biasanya dalam dokumen CSMS/K3LL itu diisi beberapa pertanyaan yang perlu di jawab dan disiapkan dokumennya oleh perusahaan. 

 

Contoh beberapa pertanyaan-dalam dokumen CSMS/K3LL : 

 

– Leadership, Kepemimpinan dan Kebijakan K3LL 

– Organisasi 

– Identifikasi Bahaya 

– Planing dan Program 

– Kompetensi & Training (Sertifikasi ketrampilan) 

– Operasional Kontrol 

– Pemantauan, Kontrol dan Pengukuran 

– Alat Pelindung Diri seperti sepatu safety online

– Emergency Evakuasi 

– Occupational Health 

– Environment 

– Dokumentasi 

– Sertifikasi 

 

Mengenai Manfaat yang bisa didapat dengan pembuatan dokumen CSMS ini yaitu : 

 

-Meningkatkan keefektifan system pengelolaan perusahaan yang telah ada pada bagian K3 

– Bikin system pengukuran kemampuan K3 dengan lebih jelas 

– Standarisasi aktivitas K3 dalam setiap kegiatan Perusahaan di Lingkungan Perusahaan 

-Dokumentasi implementasi setiap aktivitas jadi lebih baik 

– Bikin kerja semua unit Perusahaan jadi lebih baik dan tersistem 

-Keseriusan prinsip perusahaan dalam mengaplikasikan K3 

 

– Aplikasi HSE rencana & program yang baik akan menanggung kalau setiap aksi perbaikan sudah diaplikasikan untuk setiap ketidaksesuaian/kekurangan yang terjadi dalam aplikasi K3 

 

– AUDIT 

 

Sebagai sebuah organisasi yang sudah meningkatkan system manajemen, maka akan perlu dipertahankan untuk menjaga system manajemen dan untuk tingkatkan lebih dari mulanya. Oleh karenanya melakukan audit yaitu suatu kewajiban yang perlu di lakukan oleh suatu perusahaan yang mengaplikasikan system manajemen agar dapat melakukan perbaikan dengan cara terus-menerus. 

 

Menurut ISO 9000 : 2005, Audit yaitu : “serangkaian aktivitas yang systematis, berdiri sendiri, dan terdokumentasi untuk peroleh bukti audit (audit evidence) dan mengevaluasinya dengan cara objektif untuk memastikan sejauh mana persyaratan audit (audit criteria) tercukupi. ” 

 

Systematis 

 

bermakna bagian P-D-C-A (Rencana Do Check Action) dalam internal audit dilakukan dengan efisien dan efektif. Bagian diawali dari rencana program, lingkup dan piranti audit. Program audit harus di buat sesuai dengan maksud dan tujuan mutu perusahaan. 

 

Independen 

 

bermakna seleksi auditor dan proses audit harus meyakinkan tujuan dan kejujuran dari sistem audit. Auditor tidak bisa mengaudit pekerjaannya sendiri. Auditor harus juga terbangun kompetensinya. 

 

Terdokumentasi 

 

bermakna setiap rekaman yang muncul karena audit harus dikendalikan. Rekaman minimum yang perlu ada yaitu : program audit, surat undangan pemberitahuan audit, SK Tim Auditor, daftar ada, laporan temuan ketidaksesuaian, bukti perbaikan/mencegah dari temuan dan laporan audit. 

 

Bukti Audit 

 

yaitu bukti temuan substansi yang memengaruhi atau bikin sistem jadi tidak cocok dengan persyaratan audit (standard, prosedur, instruksi kerja, kebijakan, ketentuan perundangan, dan lain-lain). Bukti audit ini harus dievaluasi kesesuaiannya. Bila jadi ketidaksesuaian, auditor harus meyakinkan manajemen yang bertanggungjawab atas bagian yang diaudit harus meyakinkan kalau aksi perbaikan/mencegah dilakukan tanpa ada dipending untuk menyingkirkan ketidaksesuaian yang diketemukan dan pemicunya. Aktivitas tindak lanjut harus meliputi verifikasi yang dilakukan dan pelaporan hasil verifikasi.

Write a comment

Comments: 9