Mengenal Perlengkapan Keselamatan Kerja Di Atas Kapal

Image result for KESELAMATAN KERJA DI KAPAL

 

Komponen terpenting dalam melindungi keselamatan jiwa dan keselamatan perlengkapan kerja yaitu pengetahuan mengenai pemakaian peralatan keselamatan kerja untuk awak kapal, baiak itu awak kapal bagian deck ataupun mesin. Pemakaian perlengkapan keselamatan kerja ini sudah di standarisasi baik dengan cara nasional ataupun internasional. hingga harus dipakai ketika akan melakukan aktivitas kerja. Ada banyak jenis peralatan keselamatan kerja, dari mulai pelindung kepala, tubuh sampai kaki sudah disediakan. Dengan hal tersebut kenyamanan kerja pada lingkungan kerja dapat terwujud, dan kecelakaan yang disebabkan karena aspek kelalayan manusia ataupun aspek karena kelelahan bahan kemungkinan yang ditimbulkannya dapat diperkecil atau dijauhi. 

 

PERALATAN KESELAMATAN KERJA UTAMA DI ATAS KAPAL 

 

Keselamatan kerja adalah preoritas utama untuk seseorang pelaut profesional saat kerja di atas kapal. semua perusahaan pelayaran meyakinkan kalau kru mereka ikuti prosedur keamanan pribadi dan ketentuan untuk semua operasi yang dibawa di atas kapal. 

 

Untuk meraih keamanan optimal di kapal, langkah basic yaitu meyakinkan kalau semua kru kapal memakai perlengkapan pelindung pribadi mereka di buat untuk beragam type pekerjaan yang dilakukan pada kapal. 

 

Berikut ini yaitu perlengkapan basic perlengkapan perlindung diri yang perlu ada disebuah kapal untuk menanggung keselamatan beberapa pekerja. 

 

1. PAKAIAN PELINDUNG 

 

Baju pelindung yaitu COVERALL yang membuat perlindungan badan anggota awak berbahan beresiko seperti minyak panas, air, percikan pengelasan dan sebagainya. hal semacam ini di kenal sebagai " DANGRI " boiler swit 

 

2. SAFETY HELMET 

 

Bagian yang peling penting dari badan manusia yaitu kepela. perlu perlindungan paling baik yang disiapkan oleh helm pelasik keras di atas kapal. sebuah tali dagu juga disiapkan dengan helm yang melindungi helm di tempat ketika dalam perjalanan atau jatuh. 

 

3. SAFETY SHOES 

 

Maksimum dari ruang internal kapal dipakai oleh cargo dan mesin, yang terbuat dari logam keras dan yang membuatnya canggung untuk awak jalan di sekitar, Sepatu safety online meyakinkan kalau tak ada luka yang terjadi di kaki beberapa pekerja atau crew di atas kapal. 

 

4. SARUNG TANGAN/HAND GLOVE 

 

Beragam type sarung tangan yang disiapkan di kapal, sarung tangan ini dipakai dalam operasi di mana ha ini jadi kewajiban membuat perlindungan tangan beberapa orang. beberapa sarung tangan yang didapatkan sarung tangan tahan panas untuk bekerja pada permukaan yang panas, kapas untuk bekerja dalam operasi normal, sarung tangan las, sarung tangan bahan kimia, Dan lain-lain. 

Untuk tahu beberapa jenis sarung tangan yang umum dipakai dikapal

 

5. SAFETY GOGGLES 

 

Mata yaitu bagian paling peka dari badan manusia dan dalam operasi keseharian pada peluang kapal sangat tinggi untuk memiliki cedera mata. kaca pelindung atau kacamata yang dipakai untuk pelindung mata, sedang kacamata las untuk operasi pengelasan yang membuat perlindungan mata dari percikan insensitas tinggi. 

 

6. SAFETY PLUG 

 

Di ruang mesin kapal membuahkan nada 110-120 db ini adalah frekwensi nada yang sangat tinggi untuk telinga manusia. bahkan juga beberapa menit paparan dapat mengakibatkan sakit kepala, iritasi dan masalah pendengaran terkadang beberapa atau penuh. sebuah penutup telinga atau stiker telinga dipakai pada kapal yang menyeimbangi nada yang bisa didengar oleh manusia dengan aman. 

 

7. SAFETY HARNESS 

 

Operasi kapal teratur meliputi perbaikan dan pengecetan permukaan yang tinggi yang memerlukan crew untuk mencapai beberapa daerah yg tidak mudah dibuka. Untuk hindari jatuh dari daerah tinggi seperti itu maka memakai safety harness, safaty harness yaitu dipakai oleh operator disuatu ujung dan diikat pada titik kuat pada ujung yang lain.

Write a comment

Comments: 0