Alat Safety Untuk Petugas Pemadam Kebakaran

Image result for contoh alat keselamatan kerja dan fungsinyaDalam menjalankan tugasnya pemadam kebakaran dituntut selalu untuk bergerak cepat agar api tidak menjarah banyak tempat. Berbarengan dengan itu, bahaya selalu meneror beberapa petugas pemadam kebakaran. Baik itu bahaya yang memiliki kemungkinan tinggi atau rendah hingga harus untuk petugas pemadam kebakaran memakai berbagai alat pelindung diri (APD) seperti pelindung muka, hood, baju pelindung, sarung tangan, helm Safety, sepatu safety online dan alat keselamatan yang lain. 

 

Helm yang dipakai oleh petugas pemadam kebakaran terbuat berbahan plastik dan serta komposit bersama tali dagu dan hood yang ada dibagian belakang. Manfaat tali dagu pada helm pemadam kebakaran ini yakni agar ketika dipakai tetaplah dalam posisi yang benar dan tidak berubah. 

 

Sarung tangan yang aman biasanya memiliki ukuran besar dan tebal. Meskipun sarung tangan dapat membuat perlindungan tangan pada luka gores dan luka bakar tetapi type Alat Pelindung Diri ini kurangi kelincahan petugas pemadam kebakaran ketika bekerja seperti menyambung selang dan menjalankan perlengkapan karena sarung tangan itu memiliki bahan tebal. 

 

Biasanya, beberapa petugas pemadam kebakaran memakai helm, hood dan pelindung muka dengan cara berbarengan dengan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) yang manfaatnya sebagai alat bantu pernapasan. Ketika memadamkan api, keadaan hawa di sekitar memiliki kandungan karbondioksida dan minim oksigen. Hingga akan bikin petugas pemadam kesusahan bekerja jika tidak memakai alat itu. Meskipun SCBA sangat penting, tetapi alat ini memiliki beberapa kekurangan, yakni : Kurangi jarak pandang periferal dan kurangi kekuatan dalam komunikasi. Ketika cuaca dingin, maka masker SCBA akan menyebabkan kabut. Ketika cuaca panas maka masker akan penuh dengan keringat. Beberapa perusahaan pembuat SCBA ini lengkapi masker dengan tali pengikat yang dapat digantungkan di leher. Hal itu sangat mungkin petugas kebakaran selalu untuk siap dengan maskernya. 

 

Memakai sepatu safety dan pakaian anti api. Pemadam kebakaran bukan sekedar dituntut untuk memadamkan api saja, tetapi dituntut juga untuk menyelamatkan orang yang terjerat dalam kebakaran. Hal semacam ini bikin petugas pemadam kebakaran menaruhkan nyawanya untuk keselamatan orang lain, oleh karena itu pentingnya pakaian anti api agar petugas tidak terbakar dan sepatu safety agar petugas tidaklah terlalu cemas dengan kakinya jika tertimpah reruntuhan.

Write a comment

Comments: 0