Wajibnya Menggunakan Alat Pelindung Diri

Image result for how to use ppeSemua pekerja harus lengkapi dirinya dengan baju, pakaian, celana panjang yan sesuai untuk melindungi dirinya dari cuaca dan bahaya di tempat kerja mereka. Berdasar pada ketentuan pemerintah kalau perusahaan harus sediakan alat pelindung diri untuk karyawan seperti helm pengaman atau safety helmet, kaca mata safety, baju yang cerah atau memiliki visibilitas tinggi dan sepatu safety terbaru dan peralatan yang lain yang sesuai sama type pekerjaan karyawan. 

 

Begitu bila pekerjaan karyawan itu memerlukan sarung tangan khusus membuat perlindungan tangan mereka dari kemungkinan tersayat atau terpotong, maka perusahaan harus sediakan sarung tangan yang sesuai sama pekerjaan karaywan itu. 

 

Perusahaan berkewajiban sediakan dan menyuruh karyawan memakai alat pelindung diri yang sudah diberikan dengan cara bebrapa hanya pada karaywan itu. Tidak cuma sarung tangan namun hal semacam ini berlaku untuk semua type pekerjaan yang memerlukan alat pelindung diri tertentu saat melakukan pekerjaan mereka seperti pelindung jatuh, pelindung pernapasan, mata dan pelindung pedengaran dan ada banyak lagi seperti di atur dalam ketentuan pemerintah. 

 

Perusahaan berkewajiban mengidentifikasi setiap fase pekerjaan dan APD yang akan dipakai oleh karyawan. Pengusahan harus meyakinkan kalau karyawan sudah dilatih dalam pemakaian APD yang didapatkan termasuk alat pelindung jatuh sebelumnya dipakai. Ketika karwayan berhubungan dengan perlengkapan atau mesin yang bergerak, semua perhiasan atau baju yang punya potensi dapat tersangkut di mesin atau alat harus disingkirkan. 

 

K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yaitu suatu pemikiran dan usaha untuk menanggung keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah ataupun rohaniah tenaga kerja pada terutama, dan manusia biasanya, hasil karya dan budaya untuk menuju orang-orang adil dan makmur. (Mangkunegara, 2002 : 163) 

 

Alat Pelindung Diri setelah itu disingkat APD yaitu suatu alat yang memiliki kekuatan membuat perlindungan seorang yang manfaatnya mengisolasi beberapa atau semua badan dari potensi bahaya ditempat kerja. Ketentuan yang mengatur pemakaian alat pelindung diri ini tertuang dalam pasal 14 Undang-undang Nomor 1 th. 1970 mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja, di mana setiap entrepreneur atau pengurus perusahaan harus sediakan Alat Pelindung Diri dengan cara bebrapa hanya pada tenaga kerja dan orang lain yang masuk tempat kerja. 

 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau yang dimaksud dengan juga K3, ditata dalam Undang-Undang No. 1 Th. 1970. Dalam UU itu diterangkan kalau setiap tenaga kerja memiliki hak untuk memperoleh perlindungan atas keselamatannya dalam meakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan tingkatkan produksi dan produktivitas nasional. 

 

Keselamatan Kerja yang ditata dalam UU meliputi semua tempat kerja baik darat, dalam tanah, permukaan air, di air serta hawa yang berada di lokasi Republik Indonesia. Terlebih tempat kerja yang memiliki tingkat bahaya. Setiap pekerjaan memiliki resikonya sendiri, terlebih pekerjaan yang berhubungan segera dengan mesin, alat perkakas, pembangunan, pertambangan dll. Maka pekerjaan kita baik sebagai entrepreneur maupun pekerja untuk mengerti kemungkinan itu dan mengawali untuk mementingkan keselamatan kerja. 

 

Dengan memprioritaskan keselamatan kerja, maka kita dapat kurangi bahkan juga menghindar tingkat kecelakaan yang bisa terjadi ditempat kerja. Oleh karenanya pihak entrepreneur atau perusahaan harus sediakan Alat Pelindung Diri untuk pekerjanya. 

 

APD seperti disebut diatas menurut Ketentuan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, mencakup : 

  • pelindung kepala ;
  • pelindung mata dan muka ;
  • pelindung telinga ;
  • pelindung pernafasan bersama peralatannya ;
  • pelindung tangan ; dan/atau
  • pelindung kaki

Selain perlengkapan di atas. Pekerja juga harus diperlengkapi dengan baju pelindung, alat pelindung jatuh perseorangan dan/atau pelampung. Ketentuan atau rambu dengan cara tercatat juga harus dipasang agar pekerja selalu ingat akan kewajibannya memakai alat pelindung diri ditempat kerja.

Write a comment

Comments: 9
  • #1

    seks randki (Monday, 04 September 2017 08:22)

    Scottowski

  • #2

    szczegóły ogłoszenia (Tuesday, 05 September 2017 06:37)

    rypsowy

  • #3

    dupodajki (Friday, 08 September 2017 14:55)

    chwościk

  • #4

    seks tel (Saturday, 09 September 2017 04:30)

    Tomzik

  • #5

    tanie sex telefony (Thursday, 14 September 2017 10:41)

    jedynemu

  • #6

    seks telefon (Wednesday, 04 October 2017 05:51)

    smyczkowiec

  • #7

    sex telefon (Friday, 13 October 2017 11:00)

    lateks

  • #8

    toko master essen (Tuesday, 24 October 2017 20:52)

    terima kasih banyak untuk iformasinya. salam sukses untuk kita semua. amin

  • #9

    Obat Lemah Syahwat Herbal (Wednesday, 01 November 2017 12:26)

    thank you very much for the information. I am grateful to be able to find blogs that provide a lot of information, such as this blog. :)