Perlengkapan Alat Keselamatan Kerja Proses Pengelasan

Image result for safety shoes footwear working

 

Untuk keamanan dan kesehatan badan, operator las harus memakai alat-alat yang dapat melindungi badan dari bahaya-bahaya yang diakibatkan akibat pengelasan. Peralatan itu diantaranya seperti berikut : 

 

1. Pelindung muka 

Bentuk dan pelindung muka ada beberapa jenis namun pada prinsipnya pelindung muka memiliki manfaat yang sama, yakni membuat perlindungan mata dan muka dari pancaran cahaya las dan percikan bunga api. Pelindung muka memiliki kacamata yang terbuat berbahan tembus pandang yang berwarna sangat gelap dan hanya dapat ditembus oleh cahaya las. Kacamata ini berperan lihat benda kerja yang dilas dengan kurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata. 

 

2. Kacamata bening 

Untuk bersihkan torak atau untuk sistem finishing misalnya penggerindaan, mata perlu perlindungan, namun tidak dengan pelindung muka las. Mata tidak dapat lihat benda kerja karena kacamata yang berada pada pelindung muka sangat gelap. Oleh karenanya, diperlukan kacamata bening yang dapat dipakai untuk lihat benda kerja dan sangat enteng hingga tidak mengganggu sistem pekerjaan. 

 

3. Masker 

Masker berperan untuk sediakan hawa fresh yang akan dihirup oleh system pernafasan manusia. Masker dipakai untuk pengelasan ruangan yang system aliran udaranya tidak baik. Karena sistem pengelasan akan membuahkan gas-gas yang membahayakan system pernafasan bila dihirup dalam jumlah besar. Bila gas hasil pengelasan tidak selekasnya dialirkan ke luar ruangan maka akan dihirup oleh operator. 

 

4. Baju las 

Baju ini berperan melindungi tubuh dari percikan bunga api dan pancaran cahaya las. Baju las terbuat berbahan yang lemas hingga tidak membatasi gerak si pengguna. Selain bahan baju yang dipakai lemas, harus juga enteng, tidak mudah terbakar, dan dapat menahan panas atau berbentuk isolator. Jenis lengan dan celana di buat panjang agar dapat membuat perlindungan semua badan dengan baik. 

 

5. Pelindung tubuh (apron) 

Membuat perlindungan kulit dan organ-organ badan di bagian tubuh dari percikan bunga api dan pancaran cahaya las yang memiliki intensitas tinggi maka di bagian tubuh perlu dilindungi sperti perihal di bagian muka, karena pakaian las yang dipakai belum dapat seutuhnya membuat perlindungan kulit dan organ badan di bagian dada. 

 

6. Sarung tangan 

Kontak dengan panas dan listrik sering terjadi yakni melalui ke-2 tangan, contoh : pergantian elektroda atau memegang beberapa dari benda kerja yang peroleh panas dengan cara konduksi dari sistem pengelasan. Membuat perlindungan tangan dari panas dan listrik maka operator las harus memakai sarung tangan, karena memiliki karakter dapat jadi isolator panas dan listrik (dapat menahan panas dan tidak menghantarkan listrik). 

 

7. Sepatu las 

Sepatu safety terbaru dapat membuat perlindungan telapak dan jari-jari kaki peluang tergencet benda keras, benda panas atau sengatan listrik. Dengan memakai sepatu las bebarti tak ada aliran arus listrik dari mesin las ke ground (tanah) melalui badan kita, karena bahan sepatu berperan sebagai isolator listrik.

Write a comment

Comments: 8