Tips Menyesuaikan Alat Pelindung Diri

Hasil gambar untuk pentingnya alat pelindung diri

Alat Pelindung Diri (APD) yaitu perlengkapan yang digunakan oleh seseorang pekerja untuk meminimalisir paparan pada bahaya kerja tertentu. Contoh APD termasuk respirator, sarung tangan, celemek, perlindungan jatuh, dan baju pelindung penuh, dan perlindungan kepala, mata dan kaki. Memakai APD hanya salah satu unsur dalam program keselamatan kerja yang dapatr diaplikasikan di antara beragam kiat untuk pelihara lingkungan kerja yang aman dan sehat. APD tidak kurangi bahaya tersebut serta tidak menanggung perlindungan permanen atau keseluruhan. 

 

Bahaya ada di setiap tempat kerja hingga kiat membuat perlindungan pekerja sangat penting. Prioritas harus diprioritaskan untuk ingindalian bahaya pada sumbernya atau di selama jalur pada sumber dan pekerja. Banyak cara yang ada, dan yang paling cocok dengan kondisi di tempat kerja semasing yang perlu dipakai. 

 

Ingindalian bahaya pada sumbernya harus jadi pilihan pertama karena cara ini akan menyingkirkan bahaya sekalipun dari tempat kerja atau mengisolasi bahaya dari pekerja. Pendekatan ini mungkin memerlukan pergantian bahan dengan yang nonhazardous, isolasi bahaya, menambahkan feature keamanan untuk perlengkapan yang ada, design lagi sistem kerja, atau pembelian perlengkapan baru. Ketika bahaya tidak bisa di hilangkan atau dikontrol dengan cara mencukupi, maka Alat Pelindung Diri (APD) seperti pakaian keselamatan dan sepatu safety terbaru dapat dipakai ketika melakukan pekerjaan diarea beresiko itu. APD harus dikira sebagai tingkat paling akhir dari perlindungan ketika semua cara yang lain tidak ada atau sangat mungkin. 

 

Sebelumnya ketentuan di buat untuk mengawali atau memperluas program APD, penting untuk dipahami prinsip-prinsip yang memicu kiat perlindungan. Ada tiga elemen yang perlu di perhatikan : 

 

Perlindungan pekerja 

  • Kepatuhan pada hukum/ketentuan dan standard internal perusahaan
  • Kelayakan teknis 

Dalam prakteknya, hanya beberapa kiat yang ada. Ini termasuk : 

  • Tehnik kontrol
  • Substitusi bahan baku
  • Pergantian proses
  • Revisi praktik kerja
  • Pergantian perlengkapan
  • Administrasi kontrol
  • Pemakaian perlengkapan pelindung diri 

Sebuah kiat komprehensif yang baik memperhitungkan bahaya, mengevaluasi semua cara ingindalian yang sangat mungkin, mengintegrasikan beragam pendekatan, dan meninjau kembali kiat itu sekerap mungkin untuk meyakinkan operasi kerja yang aman.

Write a comment

Comments: 0