Cara Sukses Jualan Online di Facebook

Gambar terkait

 

Saat ini lagi ngetrend tentang cara jualan on-line. Bila dahulu orang masih berjualan secara offline, maka saat ini dengan hadirnya internet dan semua perkembangan tehnologi yang lain cara jualan off line pun dipadukan lewat cara jualan on-line. Ya, lewat cara jualan on-line artinya kita dapat memberi daya jangkau pemasaran product kita sampai ke semua Indonesia bahkan juga ke semua dunia. 

 

Alasan Jualan On-line Disukai Oleh Banyak Pebisnis 

Well, selain jangkauan yang luas, jualan on-line masihlah memiliki banyak keunggulan bila dibanding dengan jualan off line, satu diantaranya yaitu keringanannya. Jualan on-line dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun selama ada koneksi internet yang dapat bikin Kamu on-line. 

 

Tidak cuma internet, ketika Kamu jualan melalui sms atau telephone itu juga telah dapat digolongkan sebagai jualan on-line. Keringanan dalam berjualan on-line berikut yang perlu dapat digunakan sebaik-baiknya, terlebih bila Kamu telah memiliki usaha di bagian off line, maka tinggal meningkatkan saja hingga dapat tingkatkan sales product atau layanan Kamu. 

 

Alasan yang kedua yaitu biaya. Bila Kamu berjualan dengan cara off line maka Kamu harus dipusingkan dengan yang namanya sewa tempat, sewa karyawan, dan sebagainya. Hal semacam ini tidak sama bila Kamu berjualan dengan cara on-line, biaya yang perlu Kamu mengeluarkan relatif lebih kecil bila dibandingakan dengan jualan dengan cara off line. Kamu hanya memerlukan yang namanya laptop dan koneksi internet untuk menggerakkan bisnis Kamu. 

 

Selain keringanan dan biaya, berjualan dengan cara on-line lebih disukai karena irit waktu dan tenaga. Jam kerja Kamu tidaklah baku seperti jam kantor ada biasanya, Kamu dapat menggerakkan bisnis Kamu kapan pun Kamu ingin. Kamu juga tak perlu jauh-jauh pergi ke tempat Kamu umum berjualan karena berjualan dengan cara on-line dapat dilakukan dimanapun, bahkan juga diatas kasur pun dapat!. 

 

Tempat Jualan Online 

Bila jualan dengan cara off line memerlukan sewa tempat, maka sesungguhnya jualan on-line juga membutuhkannya. Biasanya, berjualan dengan cara on-line yaitu dengan memakai situs di mana ini bermakna kita memerlukan sewa hosting dan domain. Sesaat tempat jualannya terdapat beberapa, ada yang di search engine (berupaya untuk masuk di halaman pertama mesin pencari), ada yang di market place (jualan on-line di kaskus) ada pula yang di social media (Cara membuat iklan di facebook). 

 

Selain ketiga tempat jualan on-line di atas, ada pula yang memakai bbm sebagai tempat jualan on-line. Semua tempat jualan on-line di atas memiliki keunggulan dan kekurangan semasing. Sama seperti dengan pilihan jualan off line, ketika Kamu berjualan dengan cara off line maka Kamu dihadapkan pada pilihan di mana tempat jualan yang strategis? Apakah di pasar tradisional, mall, tepi jalan, atau pasar malam?. 

 

Jualan On-line di Facebook 

Salah satu tren jualan on-line yang lagi hangat belakangan ini yaitu jualan on-line di facebook. Ya, meskipun adalah social media, nyatanya facebook juga memiliki potensi yang sangat besar untuk jadikan tempat jualan on-line. 

 

Apa sih yang bikin jualan on-line di facebook demikian disukai? Alasan utama yaitu karena pemakai facebook sendiri telah menyentuh angka 1 Miliar di mana Indonesia adalah negara dengan pemakai facebook paling besar. Dengan jumlah yang demikian besar maka facebook adalah tempat jualan on-line yang lumayan gurih untuk memberi jangkauan promosi Kamu. 

 

Diluar itu, yang saat ini lagi booming juga yaitu mengenai efek viral marketing. Viral marketing berikut sebagai alasan lain kenapa facebook demikian menjanjikan sebagai tempat jualan on-line untungkan. 

 

Jualan On-line di Facebook dengan Viral Marketing 

Apakah Kamu sudah tahu apakah itu viral marketing? Saya akan berikanlah contoh mengenai apakah itu efek viral. Contoh ada si A yang memiliki rekan bernama si B. Si B berteman dengan si C yang disebut seseorang penjual baju muslim. Ketika si C melakukan up-date status mengenai produknya, si B pun lihat dan berkomentar di status si C. Kegiatan si B (berkomentar di status si C) dapat terlihat di teras si A (karena berteman dengan si B) hingga si A yang awalannya tidak mengetahui si C pada akhirnya jadi tau dan mengetahui si C. 

 

Cobalah Kamu pikirkan, bagaimana bila si C (sebagai penjual baju muslim dengan memakai facebook) memiliki seribu rekan dan beberapa besar rekannya berkomentar di status si C. Sudah pasti status si C ini akan cepat menebar karena rekan-rekan si C juga memiliki banyak rekan. Menyebar demikian cepat seperti virus yang mematikan hehehehe, maka dari itu dikatakan sebagai viral marketing. 

 

Memakai Fanpage Untuk Jualan On-line di Facebook 

Sayangnya, facebook membatasi jumlah pertemanan dengan jumlah optimal 5000 rekan saja. Hal semacam ini sudah pasti kurang efisien bila nyatanya Kamu inginkan jangkauan yang lebih luas lagi. 

 

Namun tenang saja, facebook sediakan yang namanya fanspage untuk menjembatani ini. Dengan fanspage Kamu tidak memiliki batasan rekan karena ini memang halaman yang dikhususkan untuk beberapa fans. Terdapat beberapa fanpage yang memiliki jumlah fans sampai meraih beberapa ratus ribu, bahkan juga jutaan, Wow! ini adalah salah satu kiat marketing yang mantab. 

 

Cara Jualan On-line di Facebook dengan Sukses 

So apa yang dapat kita simpulkan? Dengan memakai yang namanya fanpage dan kiat viral marketing, jualan on-line di facebook dapat membuahkan keuntungan yang sangat sangat besar dan tingkatkan omzet bisnis Kamu berulang-kali lipat. 

 

Tetapi sayangnya, hal ini dapat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu memerlukan beberapa usaha untuk tingkatkan jumlah like pada fanpage Kamu seperti teratur melakukan up-date status, bangung komunikasi dengan beberapa fans, bangun citra yang baik di mata beberapa fans dan sebagainya. Hal semacam ini sudah pasti mengambil alih waktu dan tenaga, alih-alih memperoleh keuntungan, Kamu akan bergelut selalu dengan fanpage Kamu dan jadi tidak dapat berkembang.

Write a comment

Comments: 0