Cara Bekerja Aman di Lokasi Ketinggian

Bekerja di ketinggian mempunyai resiko yang bisa menimbulkan terjadinya bahaya kecelakaan kerja. Oleh karenanya, penggunaan alat pelindung diri sangat penting untuk keamanan dan keselamatan diri. 

 

Bekerja di ketinggian merupakan suatu kegiatan yang dikategorikan sebagai Class 1 Risk Activities. Berdasarkan laporan Labour Force Survey (LFS2) UK, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang beresiko pada cidera serius dan kematian adalah terjatuh dari ketinggian (31%) dan sebagian besar terjadi pada pekerja bidang konstruksi (11%). Diberitakan kalau pada tahun 2007 Indonesia merupakan negara peringkat 2 setelah Cina pada kecelakaan kerja berupa jatuh dari atas ketinggian dengan 7 kematian perhari. 

 

Sampai saat ini ternyata masih ba­nyak pekerja yang kurang memerhatikan keselamatan diri saat bekerja di ketinggian. Dengan mematuhi peraturan dan ketentuan bekerja di ketinggian, termasuk menggunakan alat pelindung diri, akan mengurangi resiko bahaya yang bisa menimbulkan kecelakaan kerja. Penggunaan sepatu safety juga sangat penting perannya dalam melindungi diri Anda tertimpa dari benda saat bekerja. Temukan sepatu safety standart SNI di toko jual sepatu safety online terpercaya.

 

Pekerja yang lalai tak mematuhi peraturan dan ketentuan bisa berakibat menimbulkan kecelakaan, baik untuk dirinya, orang lain maupun kerusakan peralatan kerja di lokasi. 

 

Jatuh merupakan penyebab kematian akibat kecelakaan yang terbesar dalam Industri konstruksi. Tercatat 50% kecelakaan ini menyebabkan kematian. Banyak kecelakaan jatuh bisa dicegah apabila peralatan yang benar disediakan dan digunakan dengan benar. pencegahan khusus perlu dilakukan dimana ada kemungkinan jatuh dari ketinggian 2 meter atau lebih. 

 

Ketika merencanakan pekerjaan ditempat ketinggian, pertimbangkan dimana pekerjaan tersebut akan dikerjakan. Tidak pelak lagi pilihannya adalah tersedianya tambahan struktur yang memungkinkan adanya jalan yang aman dan penyediaan tempat kerja yang aman. Jika tidak memungkinkan untuk bekerja dengan selamat pada struktur yang ada, jadi diperlukan peralatan atau tempat kerja tambahan. 

 

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di ketinggian, perlu diperhatikan peraturan dan ketentuan yang penting, sehingga saat bekerja di ketinggian dalam situasi dan kondisi yang aman. Berikut ini disampaikan beberapa tips cara bekerja yang aman di ketinggian. 

 

1. Mulai bekerja di ketinggian dengan berdoa kepada Tuhan YME agar diberikan perlindungan, kelancaran dan keselamatan. 

2. Pastikan pekerja sudah memiliki Surat Ijin Kerja untuk bekerja di ketinggian. 

3. Pelajari dan pahami sistem perlindung­an jatuh dengan menggunakan alat pelindung diri yang tepat. 

4. Lokasi untuk bekerja di ketinggian perlu diamankan dari hal-hal yang bisa menimbulkan gangguan kecelakaan. 

5. Gunakan alat pelindung diri (diantara­nya full body harness, lanyard, dan atau lifeline) dengan cara yang benar. 

6. Sebelum pekerja memulai melakukan pekerjaannya di ketinggian perlu di pastikan full body harness yang digunakan dalam keadaan baik. 

7. Kaitkan pengait lebih tinggi dari pinggang untuk mengurangi besarnya hentakan saat terjatuh.

Write a comment

Comments: 0