Panduan Berkendara Motor Aman

Kemacetan dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan kota lainnya, hingga saat ini belum juga terselesaikan. Meskipun jalan raya sudah diperlebar dan dibuat jalur khusus, kemacetan masih saja sering terjadi. Ini terjadi karena bertambahnya jumlah pengguna kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor, terlebih para pengguna sepeda motor yang makin bertambah. Kenapa para pengguna sepeda motor makin bertambah? Banyak orang berpendapat kalau menggunakan sepeda motor sangat ekonomis, biaya bahan bakar murah, dan bebas kendala karena sangat mudah menyalip kendaraan lain. Bagi Anda yang mencari tempat jual sepatu safety online terpercaya disini.

 

Dengan bertambahnya pengguna sepeda motor, maka kecelakaan sepeda motor juga sering terjadi. Menurut data dari Media Indonesia korban tewas dalam berbagai kecelakaan lalu lintas selama libur lebaran tahun 2009 mencapai 702 orang, 859 luka berat dan 1697 luka ringan. 71 % kecelakaan yang terjadi melibatkan sepeda motor. Kenapa kecelakaan banyak menimpa pada pengguna sepeda motor? Ini terjadi karena kurangnya memperhatikan keselamatan dalam berkendaraan atau Safety Riding. Oleh karenanya tanggung jawab utama untuk keselamatan di jalan ada dalam diri Anda sendiri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Safety Riding dalam mengendarai sepeda motor salah satunya :

 

- Sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dulu kondisi kendaraan yang akan digunakan. Bagian-bagian yang harus dilakukan pengecekan yaitu : bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai atau aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem. 

- Pastikan STNK, Surat Tanda Nomor Kendaraan selalu dibawa sebagai bukti bahwa kendaraan yang digunakan legal 

- SIM, Surat Izin Mengemudi selalu dibawa sebagai bukti untuk mengendarai kendaraan 

- Pakai helm standard, kaca helm harus bersih, helm bisa full face atau half face. 

- Pakai sarung tangan yang mudah menyerap keringat dan tidak licin saat memegang handle motor, lebih baik lagi apabila dilengkapi bahan keras dibagian depan tangan 

- Gunakan jaket yang bisa melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin ataupun saat terjadi benturan baik kecil ataupun besar, bila perlu gunakan rompi khusus. Pikirkan juga ventilasi yang baik agar jaket nyaman digunakan. 

- Bila berkendara dalam kondisi gelap, sebaiknya menggunakan jaket/rompi dengan warna fluorecent. 

- Pakai jas hujan yang terpisah (atasan+celana) dengan bahan yang tidak mudah sobek dan tidak tembus air 

- Pakai sepatu yang nyaman dan aman untuk seluruh lapisan kaki. Minimal menutupi mata kaki. 

- JANGAN biasakan menggunakan sandal saat berkendara.

 

Dengan mentaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas. Menjaga norma dan kewaspadaan saat berkendara. Dan yang paling penting adalah membiasakan diri sendiri menerapkan prosedur standard keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya. Hal semacam ini diperlukan untuk mengurangi angka kecelakaan.

Write a comment

Comments: 0