Tips Menjaga Kondisi Tubuh Para Pekerja Tambang Shift Malam

1. Pola makan selama kerja malam

 

Pastikan Anda makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Ini akan menjamin sistem pencernaan tetap sehat untuk memberi energi pada malam hari. Dan kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein yang lain. Kafein dapat berakibat buruk pada tubuh, terutama apabila ritme sirkadian Anda abnormal. Bagi Anda pekerja tambang yang mencari tempat jual sepatu safety online disini.

 

2. Minuman untuk shift malam

 

Jus alami dan air putih merupakan minuman terbaik pada malam hari. Dalam kondisi stres, tubuh memerlukan lebih banyak cairan yang perlu diganti.

 

3. Vitamin untuk meningkatkan efisiensi kerja

 

Menangani stres yang terkait dengan kerja shift malam atau kerja sampai larut malam adalah dengan konsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Vitamin-vitamin ini dapat mengurangi resiko kesehatan karena dampak bekerja sampai larut malam.

 

4. Jangan merokok saat kerja malam

 

Janganlah merokok ketika Anda kerja pada malam hari. Mirip dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang selanjutnya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

 

5. Pola hidup sehat dan olahraga

 

Luangkan waktu lebih untuk diri sendiri dan mempertahankan pola hidup sehat. Lakukan lebih banyak jalan dan olahraga setidaknya setengah jam sehari. Lari, renang dan olahraga kebugaran (fitness) tidak hanya akan membantu mempertahankan tingkat kesehatan yang baik namun juga menyediakan dukungan untuk tidur yang sehat. 

 

6. Patuhlah dengan jadwal tidur yang teratur, bahkan saat akhir pekan dan tidak bekerja.

 

7. Jika memungkinkan, tidur sebentar dalam tugas shift malam berdampak positif untuk mengurangi kelelahan tanpa mengurangi kinerja (Arora dkk, 2006). Bekerjalah dengan beberapa orang lainnya. Baiknya hindari kondisi bekerja sendirian pada malam hari.

 

8. Selepas shift malam, cepatlah tidur, jangan menunda waktu tidur anda dengan aktivitas lain atau perjalanan lain, pakai penutup mata dan usahakan kamar segelap mungkin. Ingat selalu pentingnya menjaga waktu tidur pada 6-8 jam perhari.

 

9. Mandi sebelum tidur, lingkungan yang tenang, minum susu, atau membaca ditempat tidur dapat membantu membuat kondisi tubuh untuk mempermudah sistem tidur. 

 

10. Untuk mengurangi tingkat kesalahan pada pekerja shift malam, Berger dan Hobbs (2006) merekomendasikan untuk melakukan tidur siang, menghilangkan kerja lembur sampai lebih 12 jam dan kerjakan pekerjaan sebelum jam 4 pagi. Lama shift kerja baiknya tidak lebih dari 8 jam, bila lebih dari jam itu beban kerja sebaiknya dikurangi. Penggantian shift kerja baiknya dengan pola rotasi maju dengan waktu rotasi kurang dari 2 minggu dan dengan waktu libur rata-rata 2hari per minggu.

Write a comment

Comments: 3
  • #1

    sex telefon (Thursday, 19 January 2017 04:00)

    odzierając

  • #2

    love spell (Saturday, 21 January 2017 10:05)

    rozstrzelony

  • #3

    tas kulit pull up (Tuesday, 24 January 2017 09:12)

    nice to know your blog, love this one.
    Leather Bag Jogja